1.Jenis - Jenis pasar.
Ø Pasar
konsumen : sekelompok pembeli yang membeli barang untuk di konsumsi, bukan di
jual atau diproses lebih lanjut. contoh pasar swalayan spt hypermart,ramayana,
super indo.
Ø pasar
industri : pasar yang terdiri individu dan lembaga atau organisasi yang membeli
barang untuk dipakai lagi baik langsung maupun tidak langsung, dalam
memproduksi barang lain kemudian di jual contohnya pasar produksi
spt, pasar industri sepatu, furniture, otomotif.
Ø Pasar
penjual : individu dan organisasi yang membeli barang untuk dijual lagi atau disewakan
untuk mendapatkan laba. contoh pasar grosir, pasar induk, pasar rumput
Ø Pasar
pemerintah : pasar dimana terdapat lembaga pemerintahan seperti : departement,
direktorat, kantor dinas dan instansi lain
3. Tujuan Sistem Pemasaran
1.
Memaksimumkan Konsumsi
pekerjaan pemasaran adalah memudahkan dan merangsang
konsumsi maksimun, akhirnya menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmuran
maksimun.
2. Memaksimumkan kepuasan konsumsi
Tujuan sistem antara lain adalah memaksimumkan kepuasan
konsumen, bukan konsumsi tapi mengukur kepuasan konsumen tidak mudah, belum
adanya tolak ukur kepuasan dari produk pada individu, kepuasan produk atau jasa
yang baik di imbangi oleh kejelekkan dan pencemaran lingkungan, kepuasan yang
di terima seseorang tergantung dari sedikitnya orang lain memiliki barang
tersebut.
3. Memaksimumkan mutu hidup
Termasuk didalamnya kualitas, kuantitas, ketersediaan,
dan harga pokok barang : mutu lingkungan fisik ; dan mutu lingkungan kultur.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar